LokalGame Network | Gaming & Geek Culture From The Future!

10 Rekomendasi Game Star Wars Terbaik yang Layak Kamu Coba

Pertama kali rilis dalam bentuk novel pada tahun 1976, dilanjutkan dengan filmnya yang rilis setahun kemudian, semesta Star Wars yang diciptakan oleh George Lucas bisa dibilang berhasil menjadi sebuah dunia fiksi ilmiah yang sangat digandrungi oleh banyak orang dari seluruh dunia atas karyanya yang menggugah fantasi luar angkasa.

Kesuksesan tersebut tentunya tidak semerta karena sembilan film utamanya, melainkan juga karena berbagai cerita pendukungnya yang tidak kalah menarik pun dihadirkan melakui medium lainnya; seperti komik, serial tv, animasi dan tentunya video game.

Mulai dari konsol generasi zaman old hingga zaman now, berbagai developer telah menghadirkan berbagai game Star Wars dalam beberapa genre, seperti action, adventure, strategi racing, RPG bahkan MMORPG. Mau itu berperan sebagai Jedi penegak kebenaran, atau sebagai Sith yang memiliki ambisi untuk menjadi kuat, game-game tersebur menawarkan premis permainan dalam semesta Star Wars-nya masing-masing.

Pada kesempatan kali ini yang bertepatan dengan Star Wars Day, saya ingin merekomendasikan beberapa game Star Wars yang tentunya menarik dan patut dicoba, terlepas dari apakah kamu fans sejati serial Star Wars atau hanya ingin mencari game yang seru untuk dimainkan..

1. Jedi: Fallen Order

Developer: Respawn Entertainment
Platform: PC | PS4 | Xbox One

Siapa sangka bahwa game Star Wars garapan Respawn Entertainment yang baru keluar pada tahun 2018 kemarin ini bisa dibilang menjadi penyelamat game Star Wars dari keterpurukannya dalam beberapa tahun terakhir, atau semenjak lisensi pembuatan gamenya eksklusif dipegang oleh EA.

Mengusung combat ala game souls, atau lebih spesifiknya Sekiro, Jedi: Fallen Order menawarkan arah permainan yang simpel namun dengan tingkat kesulitan dan tantangan yang berbeda dari game-game Star Wars lainnya yang berperan sebagai Jedi. Terlepas dari hal tersebut, sayapun cukup sukses dibuat terpesona dengan hal-hal yang ditawarkan di dalamnya.

LinkSteam

2. Republic Commando

Developer: LucasArt
Platform: PC | Xbox

Jika tidak ingin berperan sebagai Jedi, kamu bisa mencoba menembak-nembak secara barbar pada game Republic Commando yang sempat rilis untuk Xbox ini. Namun tenang saja karena kini game tersebut sudah tersedia untuk kamu yang ingin memainkannya di PC via Steam.

Dalam game ini, kamu akan memimpin sekelompok Clones yang akan menjalankan misi berbahaya. Yang membuat game keluaran tahun 2005 ini menarik adalah rekan AI yang sangat responsif dan intuitif terhadap komando yang kamu berikan. Namun tentunya kamu tetap bisa memainkan game ini dengan teman-temanmu dalam mode co-op ataupun mode multiplayer lainnya.

LinkSteam

3. Empire At Wars / Galactic Battleground

Developer: Petroglyph (Empire At War) | Ensemble Studios (Galactic Battleground)
Platform: PC

Jika kamu ingin sesuatu yang lebih strategis, maka Empire at Wars atau Galactic Battleground merupakan pilihan game Star Wars yang cocok untuk kamu mainkan. Dua game ini juga sering dibilang mirip dengan Age of Empires 2 karena menawarkan pengalaman bermain game RTS yang cukup serupa.

Dalam dua game ini kamu bisa mengekspektasikan fitur membangun markas dan memproduksi berbagai pasukan ala semesta Star Wars seperti Clone Trooper hingga Jedi ataupun Sith dari berbagai faction yang ada. Tidak sampai disitu itu, kamu juga bisa menginstall berbagai mod yang dapat meningkatkan keseluruhan permainan.

LinkEmpire At War | Galactic Battleground

4. Battlefront I & II (Classic) / Battlefront II (2017)

Developer: Pandemic Studios (Battlefront Classic) | DICE (Battlefront 2 2017)
Platform: PC | PS2 | Xbox  (Battlefront Classic) — PC | PS4 | Xbox One (Battlefront 2 2017)

Baca Juga:  Sutradara God of War Akui Tak Sabar untuk Bermain Assassin’s Creed Valhalla

Battlefront 1 dan 2 merupakan dua game yang benar-benar meninggalkan kesan berarti buat pada zaman kejayaan PS2. Battlefront 2 yang dirilis tahun 2005 pun kini dinyalakan kembali server multiplayer onlinenya dan masih banyak dimainkan oleh fans.

Premis Battlefront sendiri bisa dibipang mirip dengan Battlefield, yakni pertempuran skala besar antara dua faction dalam singleplayer (story campaign) ataupun multiplayer online. Kamu bisa memilih kelas-kelas yang ada di tiap faction, menggunakan kendaraan tempur ala Star Wars, kemudian mengumpulkan poin dengan menghabisi musuh atau memainkan objektif permainan. Poin yang terkumpul bisa kamu gunakan untuk mengakses kelas spesialis atau hero seperti Obi-Wan, Darth Vader, Yoda dan masih banyak lagi. Tidak ketinggalan pertempuran luar angkasa dengan pesawat-pesawat seperti TIE Fighter maupun X Wing, serta menyabotase dari dalam kapal utama miliki musuh.

Jika kamu tidak suka grafisnya yang jadul, kamu bisa mencoba Battlefront 2 milik EA yang rilis pada tahun 2017 lalu (jangan Battlefront EA yang pertama karena itu sampah). Walau sempat jadi bulan-bulanan karena kemarukan sang publisher terhadap microtransactionnya, gamenya sendiri jauh lebih bagus dari game sebelumnya dan terus mendapatkan update dan konten baru yang membuat permainannya menjadi semakin worth untuk dicoba.

Namun sayang, EA mengumumkan bahwa update terbaru Battlefront 2 baru-baru ini merupakan update konten baru yang terakhir. Namun kamu tetap bisa mencobanya karena server dan live servicenya masih tetap berjalan.

LinkBattlefront I | Battlefront II | Battlefront II (2017)

5. Serial Jedi Knight

Developer: LucasArt | Raven Software
Platform: PC | PS | PS4 | Xbox | Xbox 360 | Switch

Jika ingin bermain sebagai seorang Jedi yang menebas-nebas Stormtrooper, terdapat beberapa game menarik dalam serial Jedi Knight yang bisa kamu pilih. Namun saya sendiri sangat menyukai Jedi Outcast dan Jedi Academy.

Secara umum, premis permainan game-game Jedi Knights hadir dalam firsr-person shooter saat menggunakan senjata api seperti pistol blaster, kemudian menjadi thrid-person shooter saat menggunakan lighstaber. Pemain akan berkelana dari satu planet ke planet lainnya sambil melawan Empire, sekaligus belajar memanfaatkan kemampuna force. Semua game Jedi Knight memiliki keterkaitan cerita, namun jika kamu ingin mencoba multiplayernya, lakukan di Jedi Outcast atau Jedi Academy.

LinkSteam

6. Star Wars Lego

Developer: Traveller’s Tales | TT Fusion
Platform: PC | PS2 | PS3 | PS4 | Xbox | Xbox 360 | Xbox One | DS | 3DS | Switch

Walau memang tema lego sendiri agaknya ditujukan kepada pemain-pemain yang masih anak-anak, Star Wars Lego tetap menawarkan permainan yang engaging dan tentunya fitur-fitur yang bisa dibilang lebih humoris daripada game Star Wars lainnya.

Tidak banyak yang bisa saya katakan selain game-game Star Wars lego sendiri yang memang mengikuti betul cerita pada film-film utamanya. Sehingga cocok buat kamu yang ingin merasakan kembali film-filmnya dalam medium yang lebih kocak, sekaligus menyenangkan masa kanak-kanak yang mungkin tak tersampaikan.

LinkSteam

7. Dark Forces

Developer: LucasArts
Platform: PC

Dark Forces memiliki setting cerita tepat sebelum Jedi Knight: Dark Forces 2, dimana memperlihatkan sang karakter utama dari serial Jedi Knight (kecuali Jedi Academy) yang masih seorang mercenary dan belum menjalani pelatihan menjadi seorang Jedi.

Premis permainannya sendiri mirip dengan game fps jadul ala Doom keluaran tahun 1993. Namun dalam game ini hadir twist baru yang membuat karaktermu bisa melihat ke atas ataupun bawah, serta mekanisme untuk melompat dan menunduk yang cukup revolusioner pada game-game shooter di kala itu.

Baca Juga:  Need for Speed Heat Bisa Dimainkan Secara Offline Tanpa Terhubung Internet

LinkSteam

8. Star Wars Episode I Racer

Developer: LucasArts
Platform: PC | PS4 | Switch

Jika kamu bosan bertempur membela kebenaran atau lelah memburu Jedi yang tersisa di semesta Star Wars, kamu bisa mencari dikstraksi lain melalui game balapan pod racer Star Wars satu ini.

Dalam game ini kamu bisa memilih berkendara sebagai karakter-karakter semesta Star Wars dengan mesin balap Pod-nya masing-masing. Terdapat 21 jalur balapan yang tersebar di 8 planet dengan rintangan yang berbeda-beda. Terdapat beberapa mode singleplayer seperti mode turnamen, serta multiplayer buat kamu yang ingin adu kebut-kebutan.

LinkSteam

9. Knight of the Old Republic I & II

Developer: Bioware (KOTOR) | Obisidian Entertainment (KOTOR II)
Platform: PC | Xbox

Knight of the Old Republic (KOTOR) adalah game Star Wars terbaik bagi saya, terutama yang kedua. Aneh memang ketika sebuah game Star Wars yang penuh aksi beradu lightsaber ataupun adu tembak-tembakan jadi sebuah game RPG. Namun Bioware (KOTOR) dan Obsidian Entertainment (KOTOR 2) mengeksuksinya dengan sangat baik.

Jika mendengar Bioware ataupun Obsidian Entertainment, kamu pastinya bisa mengekspektasikan permainan RPG yang mendalam dengan elemen-elemen seperti narrative choice matter, kelas atau job pilihan seperti Bounty Hunter atau Jedi, fitur relationship dengan party, romance dan lain-lain. Kamu yang fans berat Star Wars ataupun gemar bermain game RPG wajib untuk menyentuh KOTOR pertama ataupun yang kedua.

Namun jika kamu tidak suka karena grafisnya jadul, komunitas KOTOR sendiri masih sangat aktif menghadirkan mod-mod yang bisa dibilang menyempurnakan permainan, serta proyek mod remaster yang membuat game-game ini setidaknya tidak terlalu terlihat ketinggalan zaman.

LinkKOTOR I | KOTOR II

10. The Old Republic

Developer: Bioware
Platform: PC

Jika Knight of the old Republic fokus pada pengalaman singleplayer, The Old Republic hadir dalam bentuk MMORPG dengan esensi permainan yang kurang lebih didasari dari elemen-elemen yang hadir pads KOTOR.

Sebagai MMORPG, tentunya terdapat begitu banyak kelas yang bisa kamu pilih dari dua faction; Galactic Republic (Jedi Knight, Consular, Trooper, Smuggle) dan Sith Empire (Sith Warrior, Sith Inquisitor, Imperial Agent, Bounty Hunter). Karaktermu juga memiliki Force Alignment (Light Side atau Dark Side) yang tergantung pada interaksi dan dialog-dialogmu dengan para NPC.

Walau hadir sebagai MMORPG, banyak konten gamenya bisa dilakukan secara solo buat kamu yang merasa seperti Kirito. Terdapat juga fitur companion dimana petualanganmu akan ditemani oleh NPC-NPC tertentu. Ya, pengalaman singleplayer tetap bisa dirasakan pada The Old Republic.

LinkWebsite (Free-to-play)


Itulah 10 game Star Wars terbaik yang tentunya harus kamu coba. Kalo kamu pernah memainkan beberapa diantaranya, kira-kira mana yang jadi favoritmu? Tentu masih ada game Star Wars lain yang tak kalah menarik dan seru untuk dicova. Kalo kamu tahu beberapa gamenya, langsung aja share di kolom komentar ya.

Hal ini tentunya bertepatan dengan hari Star Wars dunia atau “May the 4th be with you”. Dimana di Steam sendiri semua game Star Wars sedang didiskon besar-besaran. Kamu bisa cek artikel lengkapnya pada halaman ini.