LokalGame Network | Gaming & Geek Culture From The Future!

5 Fakta Menarik Sony Playstation Portable yang Sudah Berumur 15 Tahun!

LokalGame.com, Pada tanggal 24 Maret lalu, Sony Playstation Portable atau yang kita kenal dengan PSP genap berumur 15 tahun.

Sebenarnya PSP pertama kali rilis di Jepang pada tanggal 12 Desember 2004, namun di Amerika Utara konsol ini dirilis pada 24 Maret 2005. Ada beberapa fakta menarik dari PSP yang mungkin belum kamu tahu. Langsung saja simak pembahasannya di bawah ini!

1. Bisa Diretas

Jujur saja, kebanyakan dari kalian pasti nggak tahu kan kalau sebenarnya PSP bisa diretas? Pada dasarnya, metode peretasan ini memungkinkan pengguna untuk mengubah baterai PSP sehingga bisa di-boot. Setelah itu, PSP akan otomatis berubah ke mode pemulihan, sehingga bisa dipasang firmware khusus. 

Dari sinilah pengguna bisa mengunduh game dari internet dan memainkannya. Baterai yang dimodifikasi ini dapat dibeli secara online atau bahkan dapat dibuat sendiri. Lumayan kan nggak perlu beli kaset game!

2. Konsep Awal PSP

Melihat desain perangkat PSP membuat kita teringat pada DualShok controller yang ada di konsol PSX. Ya, wajar saja jika kita menganggapnya sebagai adik dari Playstation. Namun tahu nggak kalian kalau kalau konsep awal PSP memiliki desain yang berbeda?

Awalnya PSP hendak dibuat dengan tombol flat yang pastinya akan sulit digunakan gamer berjari besar. Mungkin karena alasan itulah Sony mengubah desainnya menjadi seperti yang kita bisa lihat sekarang.

3. Dilengkapi Fitur Kamera

Sebelum PS Vita, PSP merupakan konsol yang laris di pasaran pada masanya. Tak hanya bermain game, pengguna juga bisa mendengarkan musik atau menonton film dari fitur yang tersedia di konsol tersebut.

Di bawah opsi Photo App, terdapat menu Camera untuk mengaktifkan kamera. Sayangnya aksesoris ini dijual terpisah. Aksesoris ini baru hadir di Amerika Serikat 4 tahun setelah PSP rilis di Jepang. Resolusi kameranya pada waktu itu adalah 0.3 Megapixel yang sudah sangat ketinggalan di zaman sekarang.

4. Bisa Internet-an

Saat ini browsing sudah jadi suatu kebutuhan yang harus dimiliki semua perangkat mobile, namun tidak di awal 2000-an. Pada saat itu banyak perangkat yang masih belum memiliki koneksi Wifi yang stabil. Namun PSP jadi perangkat yang bisa menjelajah Internet.

Pengguna bisa mengakses berbagai situs seperti untuk mendengarkan musik, menyimpan gambar, atau menonton video. Sayangnya pengguna nggak bisa Internet-an dengan tenang karena untuk memuat halaman saja sudah sangat lambat. Terkadang bahkan itu bisa menyebabkan crash pada PSP-nya.

5. Bisa Dipasang GPS

Fakta bahwa PSP bisa menjelajah internet lewat koneksi Wifi saja sudah menjadi pencapaian oke bagi industri game. Tak hanya itu, PSP sebenarnya juga bisa dipasang GPS. Perangkat Go Explore! bisa membuat PSP-mu menjadi mesin pelacak dengan frekuensi tinggi. Hebatnya, tak perlu koneksi Internet untuk mengaktifkannya.

Itu tadi berbagai fakta menarik dari Sony Playstation Portable yang mungkin belum tahu. Jadi kangen ya, rasanya mau main game-game PSP lagi! Nantikan pembahasan menarik lainnya seputar game di LokalGame!

Baca Juga:  [First Impression] Borderlands 3 – Kembali Menggila!