LokalGame Network | Gaming & Geek Culture From The Future!

Aneh! Nightbot Sempat Dibanned dari Twitch karena Alasan Ini!

0

LokalGame.com  Jika kalian sering menonton live streaming dari streamer favorit kalian di platform Youtube, Twitch, atau Mixer, tentunya kalian sering melihat sebuah nama, yaitu Nightbot yang sering muncul di kolom chat. Nightbot adalah sebuah aplikasi chatbot yang sering dipakai oleh para streamer sebagai moderator dari channel mereka.

Pilihan fitur Nightbot yang biasanya dipakai streamer adalah memblok penonton yang mengeluarkan kata-kata yang dilarang di kolom chat. Kalian bisa melakukan kustomisasi pada Nightbot untuk menyaring kata-kata apa saja yang tidak boleh diucapkan di chat. Nightbot bisa otomatis memblok atau bahkan mem-banned penonton tersebut dari kolom chat.

Selain itu, Nightbot biasanya bisa dipakai untuk hal lain. Beberapa contohnya adalah kita bisa mengetahui sudah berapa lama sejak sang streamer memulai sesi streaming pada hari tersebut, atau berapa lama kita sudah mengikuti sang streamer melalui chat command yang tersedia. Biasanya ada streamer yang membuat chat command milik mereka sendiri untuk Nightbot yang mereka pakai.

Kejadian aneh baru-baru ini menimpa Nightbot yang mendapatkan hukuman ban dari Twitch, namun hanya berselang sekitar enam menit, hukuman ban terhadap Nightbot dicabut dan akhirnya chatbot kesayangan kita semua itu dapat beroperasi kembali.

Nightbot Dibanned Karena Alasan Hak Cipta

Alasan dibalik terbannednya Nightbot cukup aneh. Nightbot dibanned oleh Twitch karena alasan DMCA. DMCA adalah sebuah hukum yang mengatur hak cipta di Amerika. Masalah hak cipta adalah masalah yang sering melanda para streamer di Twitch. Namun, Nightbot hanyalah sebuah chatbot yang bahkan tidak bisa melakukan streaming, sehingga kejadian ini menimbulkan tanda tanya besar.

Nightbot dibanned karena sebuah DMCA Takedown Notice palsu yang dikirimkan oleh provider televisi satelit Turki, DigiturkNighbot memngumumkan hal ini melalui akun Twitter mereka. Untungnya ban ini hanya berlangsung sebentar saja dan berhasil diselesaikan secara cepat.

Masih belum diketahui apa alasan dari Digiturk mengirim pemberitahuan tersebut kepada Twitch. Apapun alasannya, baik sengaja atau tidak disengaja, semoga hal serupa tidak kembali menimpa chatbot kesayangan kita semua ini.

Baca Juga:  Nggak Mau Kalah Dengan CoD Mobile, Modern Warfare Masuk Fase Open Beta!

Leave A Reply

Your email address will not be published.