LokalGame Network | Gaming & Geek Culture From The Future!

Cara Bermain Game Playstation 2 di Linux Dengan Lancar Tanpa Lag

0

Playstation 2 adalah konsol game terbaik yang pernah dibuat dan menjadikannya konsol paling populer di jamannya. Playstation 2 bertahan cukup lama menjadi konsol yang paling banyak digunakan yang membuat perusahaan game-game besar tertarik membuat game nya pada Playstation 2. Banyak game yang berevolusi menjadi lebih yang hebat dan keren karena Playstation 2.

Namun, kini PS2 sudah menjadi peninggalan masa lalu game. Tetapi buan berarti game-game kerena yang pernah hadir di PS2 dapat dilupakan begitu saja. Kamu tetap bisa memainkan hampir semua game yang ada di PS2 di PC Linux menggunakan PCSX2. Bagaimana caranya? Simak tutorial bermain game Playstation 2 di Linux berikut ini.

Cara Bermain Game Playstation 2 di Linux Menggunakan PCSX2

1. Instal PCSX2

Walaupun PCSX2 masih dalam tahap pengembangan pada emulator, tetapi sudah bisa untuk digunakan. Sebagian besar distribusi linux sudah menyediakan PCSX2 dalam repositori secara default, jadi kamu tidak akan kesulitan untuk menginstalnya.

Instal PCSX2  di Ubuntu / Debian

Baik itu Debian atau Ubuntu, sudah memiliki PCSX2 dalam repositori nya. Cukup instal dengan Apt. Ketikkan perintah dibawah ini:

sudo apt install pcsx2

Instal PCSX2 di Fedora

Pada Fedora, tidak disediakan PCSX2 di repositori nya, tetapi RPM Fusion tersedia PCSX2. Jadi, tambahkan repo ke sistem kamu, jika belum melakukannya.

sudo sudo dnf instal https://download1.rpmfusion.org/free/fedora/rpmfusion-free-release-$(rpm -E% fedora) .noarch.rpm https://download1.rpmfusion.org/nonfree/fedora/ rpmfusion-nonfree-release – $ (rpm -E% fedora) .noarch.rpm

Kemudian, instal PCSX2 dengan DNF.

sudo dnf instal pcsx2

Instal PCSX2 di Arch Linux

Sebelum melakukannya, pastikan repositori multilib sudah diaktifk. Setelah aktif, kamu dapat menginstal PCSX2 dengan Pacman di Arch.

sudo pacman -S pcsx2

Instal PCSX2 di OpenSUSE

OpenSUSE sudah menyediakan PCSX 2 di dalam repositori reguler nya. Cukup instal seperti biasanya.

Baca Juga:  Penampilan terakhir di Final Fantasy 8 membuat meme favorit penggemar
sudo zypper di pcsx2

Instal PCSX2 di Solus

Solus juga sudah menyediakan PCSX2 dalam repo default mereka. Instal dengan perintah eopkg.

sudo eopkg itu pcsx2

2. Setting PCSX2 untuk Bermain Game PS2 di Linux

PCSX2 mendukung GPU. Kamu dapat membuka game PS2 langsung melalui desktop Pc kamu. Saat pertama kali PCSX2 dibuka, aplikasi ini akan meminta untuk mengatur beberapa pengaturan, dimulai dengan bahasa yang akan digunakan.

Setting PCSX2 untuk Bermain Game PS2 di Linux

Selanjutnya,pilihlah plugin yang digunakan. Kamu bebas mengubahnya kapan saja,  gunakan pengaturan default untuk pertama kali memulai.

3. Pengaturan BIOS PCSX2 di Linux

Selanjutnya kamu akan diminta untuk mengatur PS2 BIOS. Kamu bebas menentukan dimana di tempat yang tepat. Terdapat 2 opsi, dan cara terbaik adalah dengan menggunakan PCSX2 BIOS Dumper di konsol PS2 untuk mengekstrak file BIOS ke Flashdisk kemudian copy dan paste ke komputer kamu.

Pengaturan BIOS PCSX2 di Linux

Setelah sudah mendapatkan BIOS, letakkan di “/ home / username /.config/PCSX2/bios”.  Kemudian kamu akan melihat BIOS sistem di bagian atas layar. Pilih dan selesaikan proses pengaturan.

4. Pengaturan Kontrol PCSX2

Kontrol default untuk PCSX2 mungkin tampak aneh bahkan tidak nyaman. Klik tab “Config” di bagian atas menu PCSX2. Cari opsi “Controllers” di menu, dan disana pilih “Plugin Settings”

Pengaturan Kontrol PCSX2

Kemudian, jendela baru akan terbuka untuk mengonfigurasi pengontrol virtual atau pengontrol USB yang sudah kamu sediakan.

5. Bermain Game PS2 di Linux

PCSX2 berjalan dengan file ISO. Kabar baiknya, sangat mudah untuk menyalin game PS2 menjadi file ISO melalui drive DVD seperti Brasero. Cukup masukkan DVD ke komputer, kemudian pilih opsi di program untuk membuat salinan DVD. Pilih ISO sebagai output yang nantinya akan dapat dimainkan.

Baca Juga:  CEO Newzoo: Analitik Esports Telah Mencapai Tahap Dua

Ketika sudah memiliki permainan untuk dimainkan, pilih “CDVD” di menu atas emulator. Kemudian, cari file ISO di bawah “Selector ISO.”

Selanjutnya, pilih tab sistem di bagian atas, pilih salah satu opsi untuk mem-boot sistem virtual. PCSX2 akan memulai dengan game dari file ISO tadi. PCSX2 menggunakan kartu memori PS2 virtual sehingga dapat menyimpan proses ini.

Dan jika sudah selesai, artinya kamu sudah berhasil membuat game PS2 ke dalam Linux. PCSX2 secara otomatis menerima pembaruan melalui repositori distribusi linux. Kamu bebas menambahkan game apa saja yang ada di PS2 ke dalam PCSX2 agar dapat dimainkan di PC Linux.

Leave A Reply

Your email address will not be published.