LokalGame Network | Gaming & Geek Culture From The Future!

CEO Epic: SSD milik Playstation 5 Jauh Di Depan Apapun Yang Bisa Dibeli untuk PC Saat Ini

Kita tentunya telah berkali-kali mendengar bahwa Sony mengelu-elukan fitur SSD sebagai salah satu fitur utama mereka untuk konsol Playstation 5 nanti. Dan pernyataan inipun ditanggapi dengan candaan oleh para pengguna PC dengan mengatakan bahwa Sony terlambat 5 tahun, karena para PC Gamer telah menggunakan SSD sejak lama. Namun kelihatannya persepsi terhadap SSD yang jadi ‘anak kesiangan’ akan berubah karena SSD di Playstation 5 nantinya dianggap lebih maju dari SSD apapun yang ada di PC saat ini.

Hal ini sendiri diungkapkan oleh CEO dari Epic – Tim Sweeney dalam wawancaranya terhadap The Verge tentang kedekatan antara Epic dan Sony dalam pengembangan Playstation 5. Baik Epic maupun Sony tentunya baru mendapat pujian dari banyak gamer di seluruh dunia setelah mereka memamerkan Engine baru mereka -Unreal Engine 5, yang diklaim ditangkap dari gameplay yang dijalankan di konsol Playstation5.

Sweeney sendiri menjelaskan bahwa Playstation 5 merupakan konsol yang seimbang. Dan arsitektur penyimpanan yang digunakan di PS5 jauh di depan apapun yang dapat dibeli untuk PC untuk harga berapapun. Bahkan ia merasa bahwa teknologi SSD kostum PS5 inilah yang nantinya akan mendorong pengembangan SSD PC di masa depan.

SSD yang ada di PS5 sendiri diklaim memiliki kecepatan transfer hingga 9GB/detik, dan ini masih dikombinasikan secara optimal dengan hardware lain yang ada di dalam PS5. Hal ini membuat konsol ini nantinya tidak hanya memangkas “waktu load” hingga hampir tidak ada, namun juga memungkinkan para pengembang untuk mengakses data permainan yang tengah mereka kerjakan dengan kecepatan yang belum pernah ada sebelumnya.

Dengan kecepatan dan optimalisasi yang baik tersebut, tentunya kita bisa berekspektasi bahwa PS5 nantinya memang membawa lompatan yang signifikan untuk gamenya, bukan hanya dari segi ukuran gamenya namun juga implementasi teknologi-teknologi yang membawa imersi baru bagi pemainnya. Salah satunya tentunya joystick baru dengan beragam fitur baru mereka yaitu DualSense.

Baca Juga:  Diablo IV Resmi Diumumkan, Bawa Kembali Artstyle Gelap dari Diablo II