LokalGame Network | Gaming & Geek Culture From The Future!

Cuma Anak 90-an yang Tahu Istilah Game Berikut Ini!

0

LokalGame.com  Berbagai istilah di dalam game, maupun yang terkait dengan game kerap hadir. Contohnya, noob, mukil, bot, dan lain sebagainya. Namun tahukah kamu, ada juga istilah game yang mulai tidak popular, tetapi anak tahun 90’an pasti tahu!

Istilah-istilah ini bisa dibilang sangat populer di kalangan gamer pada jamannya, yaitu era 90’an. Bahkan bisa dibilang hampir setiap hari pasti kita bertemu dengan kata-kata atau istilah ini.

Apa saja istilah game yang hanya diketahui oleh gamer jaman 90-an? Simak di bawah ini ya.

Gimbot

Istilah ini yang paling familiar pada jaman 90-an, tetapi gamer kekinian pasti bingung atau bahkan tidak tahu.

Yang dimaksud dengan gimbot adalah perangkat handheld untuk bermain game, alias game watch. Mungkin karena ribet pake bahasa inggris, jadi disingkat ke bahasa yang gampang aja, gimbot. Atau ada juga yang menyebutnya jimbot.

Perangkat ini menjadi teman bermain yang sering dibawa-bawa oleh gamer yang berkecukupan. Atau bisa juga bermain dengan menyewa ke abang-abang yang biasanya standby di dekat sekolah atau di area lapangan bermain, seperti pengalaman penulis.

Gameshark

Berikutnya adalah Gameshark. Kalau ini istilah yang sangat familiar di jaman 90-an akhir. Bahkan di awal 2000-an juga masih sering terdengar, khususnya ketika playstation 1 sedang pada masa jaya-jayanya.

Istilah ini merebak bagi gamer yang bermain PS 1, dan pada era 90-an sampai 2000-an awal, banyak gamer yang bermain di perangkat ini.

Gameshark adalah ‘bantuan’ untuk gamer meng-unlock banyak hal di dalam game dengan generate kode dari perangkat maupun CD tambahan.

Jadi untuk menikmati fitur-fitur tambahan seperti senjata, buka stage baru, atau karakter baru dan lain sebagainya yang biasanya akan terbuka setelah misi. Kita tidak perlu menyelesaikan misi, cukup menggunakan Gameshark.

Memory Card

Kalau mikirnya RAM di PC, maka kamu salah. Memory card ini adalah perangkat tambahan di Playstation 1 dan 2 untuk menyimpan data game yang dimainkan.

Untuk game petualangan, memory card akan berfungsi menyimpan tempat penjelajahan kita yang terakhir. Untuk game lain, maka data keseluruhan bisa di-save di memory card.

Jadi ketika bermain, tidak perlu memulai dari awal, melainkan tinggal meneruskan berdasarkan data yang tersimpan di memory card.

Dingdong

Anak jaman sekarang pasti tahu yang namanya mesin arcade di game center kan. Tapi apa tahu yang namanya dingdong? Padahal sama saja.

Yup, dingdong adalah istilah untuk mesin arcade game pada jaman 90-an. Tapi jangan bayangkan mesin yang sangat bagus dan mulus maupun tempat bermain yang sangat nyaman seperti saat ini ya.

Jika apes, kontroler sudah los, atau ada tombol yang tidak berfungsi. Terkadang juga untuk bermain dingdong harus membayar upeti ke preman ((alias dipalak) yang biasanya menunggui mesin dingdong padahal dia tidak bermain! Pengalaman penulis sih gitu.

Namun tidak semua seperti itu, karena ada juga pemilik atau penjaga dingdong yang menjamin keamanan bermain kok. Pengalaman juga.

Wantu/Wancu (One-two)

Terakhir adalah istilah yang banyak diharamkan bagi pemain game Playstation khususnya Winning Eleven 4 atau ISS pro evolution, wantu atau wancu alias umpan one two. One two kok jadi wancu?? Ya namanya juga anak-anak. Yang paling gampang disebutin aja, dan kebetulan jadi populer.

Paling fenomenal tentu di game Winning Eleven 4 atau ISS Pro Evolution. Umpan ini sebenarnya fitur karena dengan memencet tombol L1 dan silang (atau bisa juga dengan segitiga, maupun lingkaran) secara bersamaan, maka pemain kita akan melakukan umpan satu dua dengan rekan yang berada di dekatnya.

Hal ini banyak dilarang karena pemain yang bertahan tidak bisa mengendalikan pemainnya untuk mengantisipasi wantu. Seperti tersihir dan berdiam diri saja melihat umpan tersebut dilancarkan.

Itu dia istilah game yang cuma diketahui sama anak 90-an. Istilah-istilah tersebut sudah sangat jarang atau malah tidak diketahui oleh gamer jaman now.

Kamu ada istilah lainnya? Share melalui kolom komentar di bawah ya!

Baca Juga:  Jangan Dilakukan! Ini Kesalahan Pemain Pemula Auto Chess

Leave A Reply

Your email address will not be published.