LokalGame Network | Gaming & Geek Culture From The Future!

Denuvo Akan Hadir di Android Untuk “Bantu” Cegah Pembajakan Game Mobile

0

Kita mungkin sudah tidak asing dengan Denuvo DRM. Denuvo atau juga disebut Denuvo Anti-Tamper merupakan sistem DRM (Digital Rights Management) yang dikembangkan oleh Denuvo Software Solutions GmbH, sebuah perusahaan software asal Austria, dimana perusahaan ini merupakan bentukan dari Sony Digital Audio Disc Corporation (Sony DADC) yang merupakan anak perusahaan elektronik raksasa dari Jepang Sony, yang bergerak di bidang produksi kepingan Compact Disc, DVD, UMD, dan Blu-ray.

Tujuanya adalah dengan mengurangi pembajakan dalam Video game, agar kesehatan dalam perdagangan sebuah Judul Video game tetaplah stabil dan tidak merugikan pada setiap Developer game. Namun selama setahun terakhir ini, banyak game yang menggunakan Denuvo dengan tujuan “aman dari pembajakan” tetaplah di-crack dengan cepat dan membuat banyak pelanggan yang membayar sebuah judul game agak kecewa karena DRM memiliki beberapa masalah tergantung pada implementasinya. Salah satu contoh yang paling baru adalah Yakuza 0 dari SEGA yang telah menghapus DRM dalam Update gamenya pasca peluncurannya. Ternyata dengan dihapusnya DRM dari game tersebut membuat kinerja game menjadi lebih cepat dan enteng.

Lalu sekarang apa janji dan kelebihan yang Denuvo tawarkan pada para Developer?

Di Gamescom 2019, Denuvo mengumumkan akan merilis Aplikasi terbaru, yaitu sebuah proteksi game Android dalam bentuk “Mobile Game Protection”. Tentu saja hal ini bertujuan untuk mencegah pembajakan dan plagiasi pada Android dan dapat diimplementasikan pada level APK.

Perlindungan ini juga akan memiliki deteksi untuk perangkat yang di-rooting (support root), dan banyak lagi. Karena ada banyak game yang secara langsung tidak berfungsi pada perangkat yang di-rooting, karena selama ini Root dianggap sebagai tahap awal dari “Kecurangan” dalam sebuah Game yang berada di Android.

Baca Juga:  Inilah 9 Lokasi Harta Karun Mode Treasure PUBG Mobile di Erangel

Untuk iOs belum ada pengumuman lebih lanjut, dan sejauh ini mungkin iOs tidak kebagian pengembangan Aplikasi tersebut, namun yang patut disayangkan adalah, banyak yang berharap kepada Denuvo dalam respon akan Proteksinya yang terkesan “Gampang Jebol” dalam judul-judul game yang menggunakan jasanya, harapan tersebut tentunya berupa solusi terhadap jasa mereka yang menjamin sebuah keamanan akan pembajakan suatu game, namun Denuvo disini malah mengumumkan Aplikasi dalam Platform yang berbeda, seperti mereka membuat PR baru tanpa menyelesaikan PR lama yang belum juga dituntaskan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.