LokalGame Network | Gaming & Geek Culture From The Future!

Epic Games Menghadapi Gugatan Hukum Menyangkut Masalah Kecanduan Gim Fortnite

0

LokalGame.com Masalah kecanduan gim terutama gim online telah menjadi sebuah masalah sosial yang marak selama satu dasawarsa terakhir. Namun jarang terjadi peristiwa dimana satu pihak menggugat langsung developer dari sebuah gim yang menimbulkan candu tersebut.

Pengembang dari gim populer Fortnite, yaitu Epic Games menghadapi gugatan hukum karena masalah kecanduan pada gim populer tersebut. Epic Games digugat oleh salah satu firma hukum asal Kanada, Calex Legal. Dilansir dari Eurogamer, firma hukum asal Montreal tersebut menggugat Epic Games dengan tuduhan bahwa mereka ‘secara sengaja’ membuat gim yang menimbulkan kecanduan akut kepada pemainnya.

Epic Games Dituduh Sengaja Membuat Gim yang Membuat Candu

Dilansir dari CBC News, salah satu pengacara dari Calex Legal, Alessandra Esposito Chartrand mengatakan bahwa: “Ketika Epic Games membuat Fortnite, mereka menyewa jasa psikolog yang mengetahui jalan pikiran manusia.

Dengan menyewa psikolog ini mereka dapat membuat sebuah gim yang menimbulkan candu pada para pemainnya.”. Mereka juga membandingkan kecanduan akan Fortnite ini dengan kecanduan kokain.

Kasus ini diambil oleh firma hukum tersebut karena mereka mendapat permintaan dari sepasang orangtua. Kedua orangtua ini sama-sama memiliki anak yang kecanduan bermain Fortnite. Diberitakan juga bahwa kedua anak tersebut berusia 10 dan 15 tahun.

Mereka juga mengatakan bahwa Fortnite mengeluarkan senyawa Dopamin ke pikiran anak-anak mereka dan menimbulkan candu seperti orang yang kecanduan kokain.

Kasus serupa pernah terjadi di tahun 2015. Sebuah perusahaan tembakau di Quebec digugat karena tidak memberitahukan pemakainya bahwa produk mereka dapat menimbulkan candu. Alessandra Esposito Chartrand juga menambahkan, “sudah menjadi suatu kewajiban bagi sebuah perusahaan untuk memberitahu sebelumnya jika produknya akan menimbulkan kecanduan.”

Mereka menyatakan akan berusaha menggali kasus ini dan berusaha memenangkan gugatan ini. Mereka juga memasukkan catatan dari WHO mengenai kecanduan gim. WHO sendiri sudah menggolongkan kecanduan gim sebagai sebuah ‘gangguan medis‘.

Epic Games belum mengeluarkan pernyataan resmi mengenai gugatan ini. Ini bukanlah kasus hukum pertama yang dihadapi Epic Games. Beberapa waktu lalu, mereka pernah digugat karena kebocoran data pemain mereka.

Apakah pihak penggugat akan memenangkan gugatan ini atas Epic Games? Apakah Epic Games akan terbukti sengaja membuat gim yang adiktif? Menarik untuk dinanti.

Baca Juga:  Review Judgment: Atas Nama Kebenaran!

Leave A Reply

Your email address will not be published.