LokalGame Network | Gaming & Geek Culture From The Future!

GEGER! Ternyata 5 Video Game Terkenal Ini Pernah Kesandung Masalah Hukum

LokalGame.com, GEGER! Ternyata 5 Video Game Terkenal Ini Pernah Kesandung Masalah Hukum. Ga kaget sih sama No.1..

5. Lineage II

Yang satu ini cukup aneh dan mengherankan. Pada tahun 2010, seorang pria asal Hawaii bernama Craig Smallwood mengajukan tuntutan hukum terhadap NCsoft karena telah membuat game multiplayer online Lineage II yang dinilai ‘terlalu adiktif’.

Dalam pengajuannya yang sah, Smallwood mengklaim bahwa dari tahun 2004 sampai 2009, dia telah menginvestasikan sekitar 20.000 jam untuk bermain game tersebut dengan rata-rata sekitar 11 jam bermain setiap harinya.

Tuntutan hukum tersebut membuat NCsoft bertanggung jawab karena gagal memberikan peringatan bahwa game MMO bisa sangat adiktif. Pengadilan akhirnya melepaskan tuntutan hukum tersebut pada tahun 2011, dan menyuruh Smallwood untuk melakukan konseling psikologis.

4. Mortal Kombat

Tuntutan hukum ini berasal dari peristiwa mengerikan yang terjadi pada tahun 1990-an. Pada tahun 1997, seorang anak laki-laki berusia 13 tahun bernama Noah Wilson meninggal dunia setelah sahabatnya menikamnya di dada dengan pisau dapur.

Ibu Noah saat itu langsung mengambil langkah tegas untuk menuntut Midway Games, developer dari Mortal Kombat, dan mengklaim bahwa sahabat anaknya kecanduan dan terobsesi dengan karakter bernama Cyrax dari game fighting tersebut.

Meskipun Midway Games tidak mengalami kerugian yang besar, kejadian tersebut hingga kini masih menjadi salah satu alasan kenapa game kekerasan harus segera dikurangi peredarannya.

3. Guitar Hero

Band rock Amerika, The Romantics mengajukan tuntutan hukum terhadap Activision atas penggunaan lagu mereka yang berjudul “What I Like About You” di game Guitar Hero Encore: Rocks yang dirilis pada 2007 silam.

Meskipun memberi izin tertulis kepada Activision untuk menggunakan lagu tersebut sebagai cover, band yang berbasis di Detroit ini mengklaim bahwa lagu yang digunakan dalam Guitar Hero terdengar terlalu mirip dengan aslinya.

Setelah berseteru melalui pengacara masing-masing pihak, seorang hakim federal akhirnya memenangkan Activision berdasarkan perjanjian lisensi asli yang diperoleh perusahaan dari The Romantics.

2. Donkey Kong

Universal Studios mengajukan tuntutan hukum terhadap Nintendo karena pelanggaran hak cipta pada tahun 1982. Dengan mengklaim bahwa Shigeru Miyamoto telah memplagiasi King Kong dengan menciptakan karakter bernama Donkey Kong.

Nintendo pun langsung menggugat balik Universal. Mereka mengatakan bahwa King Kong merupakan aset publik setelah mengetahui jika Universal mencuri hak cipta King Kong dari RKO Radio Pictures.

Beberapa tahun setelah Universal mengajukan tuntutan hukum tersebut, Pengadilan Negeri Amerika Serikat memenangkan Nintendo dengan memutuskan bahwa King Kong memang merupakan aset publik.

1. Grand Theft Auto – San Andreas

Salah satu game legendaris yaitu GTA San Andreas, ternyata pernah terseret ke meja hijau. Penyebabnya karena kontroversi sebuah mod bernama ‘Hot Coffee’. Pada dasarnya, mod ini dimasukkan oleh Rockstar dengan tujuan sebagai minigame dimana karakter kita yaitu CJ bisa melakukan hubungan seksual dengan kekasihnya lewat tombol tertentu.

Alhasil, publisher dari GTA SA yakni Take-Two Interactive langsung digugat oleh pemerintah kota Los Angeles. Konsumen juga marah karena konten eksplisit itu. Tercatat, Rockstar dan Take-Two harus mengalami kerugian sebesar 20 juta dolar akibat dari mod seksual tersebut.

Hmm ada yang pernah denger kasus-kasus itu? Gak nyangka banget ya ternyata ada banyak juga masalah yang menyangkut video game.

Baca Juga:  Map LOL: Wild Rift Mirror? Ini Cara Mengenali Top atau Bot Lane!