LokalGame Network | Gaming & Geek Culture From The Future!

Jeb Ajeb-ajeb! Pengaruh Musik Dalam Sebuah Video Game

0

LokalGame.com Rasanya sulit untuk meninggalkan musik dalam aspek kehidupan, begitu pula dalam sebuah video game. Musik (atau biasanya sound pada umumnya) memang sudah biasa menjadi salah satu aspek dasar untuk menilai video game selain storyline, gameplay, dan grafis.

Mungkin bagi sebagian orang, musik dalam sebuah game adalah hal yang tidak begitu penting. Namun, walaupun kerap dipandang sebelah mata, musik sangat berperan penting dalam ‘menghidupkan’ game tersebut, antara lain:

Musik untuk Mencipatakan Suasana

Sound effect dan musik dalam sebuah game jelas punya peran besar dalam memberikan feeling di dalam cerita game yang kita mainkan. Hal ini mungkin diamini oleh para fans game horror, karena grafik saja terkadang tidak cukup untuk memberikan suasana mencekam.

Selain suasana mencekam, momen-momen menyenangkan dalam game pun biasanya diwakili musik yang lebih ceria. Selain membuat pemain lebih menghayati adegan dalam game, musik juga dapat membangun suasana dan memberikan pengalaman lebih saat bermain.

Musik sebagai icon

Audio terkadang bisa menegaskan sesuatu lebih baik dibandingkan dengan visual. Terkadang dengan mendengarkan backsound tertentu, kita akan langsung mengetahui game apa yang memakai sound effect atau musik itu.

Seperti lagu Mario Bros misalnya, siapa sih yang ga klik begitu nada midi ini terputar?

Musik sebagai sarana nostalgia

Tidak sedikit para gamers yang memasukkan soundtrack game di dalam playlist mereka hanya untuk ber-nostalgia. Mendengarkan musik dari sebuah game seringkali membantu kita mengingat momen-momen saat sedang memainkan game itu.

Sebut saja Harvest Moon: Back To Nature. Tidak dapat dipungkiri semua gamers tahun 2000-an awal pasti sudah tidak asing mendengarkan backsound game ini. Setiap tempat dan momen pasti memiliki suara-suara yang khas. Iringan musik ringan nan tenang pasti akan menghanyutkan para pemainnya kedalam sebuah cerita.

Itulah pendapat penulis mengenai musik dalam sebuah video game. Intinya, musik adalah sebuah aspek bermakna dalam sebuah video game yang berperan penting dalam ‘menghidupkan’ game tersebut. Kebayang gak sih main game petualangan atau game horror tapi gak pake sound effect? Pasti garing banget, gengs! 

 

Baca Juga:  Tifa Lockhart Hadir Dalam Dissidia Final Fantasy Dengan Penampilan yang Lebih Seksi Dibandingkan Remake

Leave A Reply

Your email address will not be published.