LokalGame Network | Gaming & Geek Culture From The Future!

Saat Rasuki Boruto, Momoshiki Tak Mampu Gunakan Jougan? Kok Bisa

LokalGame.com, Pada manga Boruto bab 43, Momoshiki berhasil merasuki tubuh Boruto. Bahkan Momoshiki bisa mengeluarkan rasengan yang lebih kuat ketimbang Boruto sendiri.

Meski begitu, manga Boruto 44 memberi petunjuk kalau ada satu kemampuan khusus Boruto yang tak dikuasai Momoshiki yakni Jougan. Kenapa bisa begitu?

1. Manga Boruto 44 memastikan kalau mata Boruto saat kesurupan Momoshiki adalah Byakugan

Seperti sudah dibahas di artikel terpisah, mata Boruto saat kesurupan Momoshiki adalah Byakugan.

Hal ini bukan hanya berasal dari kesaksian Sarada saja. Sampul berwarna Boruto pun menunjukkan mata kanan Boruto putih Byakugan, bukan warna khusus Jougan.

2. Ini signifikan, karena mata Jougan Boruto juga di kanan

Yang bikin bingung adalah, Jougan juga terletak di mata kanan Boruto. Karenanya sempat ada kebingungan di tempat diskusi seperti Reddit mengenai apakah mata kanan Boruto jadi Byakugan atau Jougan saat kesurupan Momoshiki.

Terutama karena dalam warna hitam-putih manga, Byakugan dan Jougan tersaji sama. Dengan terungkapnya kalau Byakugan Momoshiki dan Jougan Boruto berada di mata yang sama.

Ini seperti menandakan kalau Momoshiki tak bisa menggunakan Jougan. Jadi bila Momoshiki membajak tubuh Boruto, mata Boruto pun “sekedar” menjadi Byakugan seperti mata asli Momoshiki. Antara itu, atau Momoshiki sekedar belum tahu cara memanfaatkannya.

3. Jougan terasa sebagai mata untuk melawan Otsutsuki

Kenapa Momoshiki tak bisa menggunakan Jougan? Yang unik adalah ini berarti sejauh ini, tampaknya Jougan dan Karma belum aktif bersamaan. Sementara Karma adalah kekuatan pemberian Momoshiki, Jougan tampaknya adalah kekuatan asli Boruto.

Sesuatu yang penciptaannya mungkin dibantu Toneri, tapi dimiliki Boruto sejak awal. Jougan sendiri sejauh ini terlihat sebagai senjata untuk melawan Otsutsuki.

Salah satu fungsinya adalah mampu mengantisipasi jutsu teleportasi seperti Yomotsu Hirasaka Urashiki, sehingga Boruto bisa memperhitungkan dari mana Urashiki akan muncul.

Jougan juga aktif saat musuh Boruto menggunakan jutsu ruang dan waktu untuk berpindah ke alam lain. Mata itu aktif terus di dimensi Nue. Mata itu juga jadi aktif setelah Urashiki terlalu sering menggunakan jutsu ruang dan waktu.

Mengingat klan utama Otsutsuki itu dari dimensi lain, dan sosok seperti Kaguya dan Urashiki hobi menggunakan jutsu ruang dan waktu, Jougan pun terasa seperti senjata melawan Otsutsuki.

Bisa menarik kalau itulah alasan Momoshiki tak bisa menggunakannya. Jougan justru dipersiapkan untuk melawannya.

4. Kemungkinan yang ngeri? Jougan adalah mata biru yang akan merengut segalanya dari Boruto

Tapi, sebelum ini Momoshiki meramalkan kalau mata biru Boruto akan merengut segalanya dari dirinya. Saat ini sih, rasanya Momoshiki adalah pihak yang berpotensi jahat, sementara Jougan adalah mata yang bisa membantu Boruto mengendalikan Momoshiki.

Namun gimana kalau Jougan pun ternyata yang malah akan menyebabkan tragedi, dan Momoshiki hanya membantu Boruto agar Boruto bisa merasakan penderitaan tersebut?

Kenapa Jougan? Karena kalau di anime, warna Jougan tak bisa dikatakan putih. Bila sedang tidak bersinar, lingkaran dalam Jougan berwarna biru, dikelilingi warna putih.

5. Uniknya? Di masa depan, Boruto bisa menggunakan Jougan dan Karma bersamaan

Mengingat situasinya seperti ini, tampaknya Boruto memiliki dua kekuatan berbahaya tapi tak bisa ia gunakan sekaligus. Ia punya Karma dari Momoshiki. Ia juga punya Jougan. Di anime dan manga, sejauh ini Jougan tak terlihat bisa digunakan Boruto kecil sekaligus, bahkan saat ia dibajak Momoshiki.

Tapi akan ada masa di mana Boruto bisa mengaktifkan Jougan sekaligus menggunakan kekuatan Karma. Ini terlihat saat ia mempersiapkan diri untuk melawan Kawaki di episode dan bab 1.

Ini sepertinya menegaskan kalau Boruto yang kita lihat di bab dan episode 1 itu bukan Boruto yang kesurupan Momoshiki. Meski menggunakan Karma, matanya yang Jougan seakan adalah petunjuk yang menandakan Boruto tidak sedang dikendalikan.

Gimana Boruto bisa melakukan ini? Kita harus sabar menunggu jawabannya bersama. Kalau menurut kamu, gimana nih soal Momoshiki tak bisa menggunakan Jougan Boruto?

Baca Juga:  Uji Kesabaran Banget, Ini 5 Game yang Paling Susah Ditamatkan! Apa?