LokalGame Network | Gaming & Geek Culture From The Future!

Sejarah Singkat Lahirnya Esports Part 1 – Periode 1940-80an

0

LokalGame.com  Esports sekarang ini menjadi sesuatu yang banyak sekali dibicarakan oleh para pencinta gamer. Seperti yang lainnya, esports adalah hal yang dilahirkan dan bukan serta merta muncul dengan sendirinya. Ada perjalanan panjang yang terjadi untuk menjadikan esports sebagai sebuah industri yang benar-benar seperti sekarang ini.

LokalGame sendiri tertarik untuk membahas mengenai asal muasal esports sehingga bisa menjadi sebuah hal yang besar seperti sekarang ini. Harus diakui jika esports merupakan sebuah industri yang mapan. Industri yang membuat para pelakunya diberkahi oleh materi yang sangat banyak.

Pembahasan ini bakal dibagi beberapa part dan kali ini LokalGame ingin membahas esports dari tahun 1940 hingga 1980an. Masa-masa itu menjadi sebuah kunci yang akhirnya membuat esports lahir melalui game-game bergenre Arcade yang dibuat.

Mungkin tanpa basa-basi langsung saja kita kupas pembahasan sejarah esports part pertama yakni dari periode 1940 hingga 1980an.

Lahirnya Genre Arcade – 1940-1960an

Di masa-masa itu, para anak-anak atau remaja tidak mengenal sebuah game. Karena di masa-masa itu, belum diperkenalkan sebuah computer yang akhirnya menjadi cikal bakal lahirnya game-game kenamaan yang kita kenal saat ini.

Komputer sendiri baru muncul di tahun 1947 dan game pertama kali lahir di tahun 1958 dan game yang cukup dikenal kala itu adalah Tennis fot Two.

Pada tahun 1962, perkembangan game semakin maju dengan dibuatnya sebuah game PC yang dilakoni oleh para lulusan muda MIT yang dipimpin oleh orang bernama Steven Rusell. Saat itu Rusell dan kawan-kawan membuat game dengan sebuah PC seharga US$120 ribu.

Rusell yang saat itu masih merupakan programmer muda tertarik untuk mengembangkan game hingga akhirnya, Rusell berhasil mengembangkan game bernama Spacewar! Game inilah yang kemudian Berjaya dan menjadi cikal bakal game Arcade yang sarat akan pertandingan.

Berkembangnya Genre Arcade dan Lahirnya Turnamen Pertama – 1970-1980an

Di tahun 1971an awal, game Arcade mulai dikembangkan dengan serius dan diperkenalkan untuk khalayak ramai. Game arcade komersial pertama yang terinspirasi dari Spacewar! Yang dibuat oleh Bushnell ternyata gagal.

Tak menyerah, Bushnell kemudian mendirikan Atari hingga menjadi tonggak sejarah industri game. Di sini mulai diperkenalkan hal-hal berbau persaingan dan yang lumrah adalah tinggi-tinggian skor. Entah itu melawan orang lain atau AI.

Berkembangnya genre arcade kemudian membuat lahirnya istilah esports. Dulu, istilah esports belum ada. Namun turnamen pertama di game terjadi di tahun 1972 di mana para gamer berlomba dalam game Spacewar! Hadiahnya, mereka mendapatkan langganan majalah Rolling Stone selama satu tahun.

Turnamen itu pertama kali diadakan di Stanford University. Namun itu merupakan turnamen kecil-kecilan karena turnamen game yang besar baru lahir di tahun 1980an dengan tajuk Space Space Invaders Championship. Yang dipertandingkan tentu saja game Space Invaders dan kompetisi ini menarik 10 ribu peserta dan mendapatkan liputan dari media.

Kira-kira itulah sejarah lahirnya esports part pertama. Jika kalian tertarik, maka LokalGame bakal melanjutkan pembahasan ini. Bahasan ini dibuat per part agar gamer tidak pusing untuk mencernanya karena pembahasannya memang cukup panjang.

Baca Juga:  Akhir Era Arc Warden, Dota Underlords Alih Meta Aliansi Baru?

Leave A Reply

Your email address will not be published.