LokalGame Network | Gaming & Geek Culture From The Future!

Ternyata Tim Dota 2 BOOM Esports Punya “Senjata Rahasia”! Apa Itu?

0

LokalGame.com Seperti sudah diberitakan sebelumnya, tim Dota 2 BOOM Esports berhasil mempertahankan gelar juara ESL Indonesia Championship. Nah berbeda dari season sebelumnya, ternyata BOOM Esports punya senjata rahasia.

Bagi kalian yang menyaksikan langsung di venue maupun tayangan livestream, kalian tentu menyaksikan satu orang lain yang berada di stage selain InYourDream, Dreamocel, Mikoto, FBZ dan Khezcute. Yup dia adalah analis tim Dota 2 BOOM Esports, Shenal Daniel a.k.a AB.

Kehadiran AB dengan kertas bergambar para hero yang sempat terlihat saat sesi drafting tentu menjadi pemandangan unik dibandingkan tim lain. Sebagai analis, ternyata sesi draft bukanlah momen melakukan analisa, seperti yang dikira selama ini.

“Analis itu ngasih tau tentang draft habis game, bukan pas lagi in game. Habis game kelar, dia ngasih tau ‘menurut gua draftnya kurang di sini, di sini’ dan kita akan berargumen sama dia ‘tapi menurut gua kurang-kurang kayak gini’. Nah kita saling memperbaiki.” Kata Dreamocel ketika sesi interview selepas prosesi perayaan juara ESL Indonesia Championship season 2.

“Dan mistake-mistake mid game yang terjadi di game, yang biasanya enggak dilihat sama player, dilihat sama analis. Itu gunanya analis di tim.” lanjut Dreamocel.

Jika kehadiran analis sudah bisa terlihat, ternyata ada satu lagi ‘senjata rahasia’ (yang tentunya kini bukan rahasia lagi), yaitu adanya psikolog tim! Namun berbeda dengan analis, psikolog tim Dota 2 BOOM Esports tidak hadir.

“Kita pakai (psikolog tim). Cuma enggak begitu sering dan enggak tinggal bareng. Jarang-jarang, atau kalau mau ada turnamen gede, kayak Valve event gitu, nanti biasanya dipanggilin. Kayak part-time, karena cari yang fulltime susah.” ungkap Dreamocel ketika penulis tanyakan apakah ada psikolog tim, seperti berkaca pada OG yang menjuarai TI dengan didampingi keberadaan psikolog tim.

Walau masih belum menemukan yang fulltime, keberadaan psikolog tim diakui Dreamocel dan para pemain Dota 2 BOOM Esports lainnya memiliki pengaruh. “Impactnya berasa” ungkap para pemain Dota 2 BOOM Esports serempak sembari tertawa lepas.

Akankah keberadaan psikolog tim menjadi hal penting di dalam tim atau organisasi esports? Menilik pada keberhasilan OG mempertahankan gelar juara TI dengan dampingan psikolog, nampaknya adalah langkah yang bagus bukan?

Baca Juga:  Tim Indonesia Masuk Jajaran Top Clans - Season 3 RoS SEA!

Leave A Reply

Your email address will not be published.