LokalGame Network | Gaming & Geek Culture From The Future!

Terus Berkembang, Ini Nasib Game Esports di Indonesia Versi Yaya!

LokalGame.com, Terus Berkembang, Ini Nasib Game Esports di Indonesia Versi Yaya!. Mobile Legends number one?

Industri esports di Indonesia memang terus mengalami perkembangan. Apalagi, sudah banyak organisasi maupun individu yang mulai tertarik untuk terjun di industri ini. Namun, bagaimana dengan nasib game esports yang ada di Indonesia sendiri?

Yup! Game sendiri merupakan salah satu faktor penting dalam perkembangan industri esports sendiri. Dari game itulah, banyak terlahir turnamen, hingga atlet berprestasi lainnya. Jadi, enggak heran kalau game juga berperan penting dalam perkembangan industri esports.

Lalu, bagaimana dengan nasib game esports di Indonesia sendiri? Apakah ke depannya, game tersebut akan tetap jaya di kalangan pecinta esports?

Dilansir dari hybrid.co, menurut laporan Esports Market Trend 2019 oleh DSResearch, ada lima game esports yang terkenal banget di kalangan pecinta game Indonesia.

Apa sajakah itu? Simak yuk!

Ketika survei diambil pada Juli 2019 kemarin, Mobile Legends menjadi game esports paling dikenal loh. Dari 1.445 responden, 52 persen menyatakan bahwa dirinya pernah memainkan game ini.

Makanya enggak heran, kalau Mobile Legends mendapatkan tempat tersendiri di hati para pecinta game Indonesia.

PUBG Mobile

Selanjutnya ada PUBG Mobile, yang ada di urutan kedua dalam laporan Esports Market Trend 2019 oleh DSResearch ini.

Yup! PUBG Mobile sendiri memiliki presentase sekitar 65,1 persen untuk kepopulerannya di Indonesia loh. Makanya enggak heran, kalau kini sudah banyak turnamen yang memperlombakan game ini untuk memperebutkan juara.

PUBG

Bukan hanya mobile-nya saja yang nyatanya populer. Namun, PUBG versi PC ternyata juga populer loh di Indonesia.

Dengan presentase yang enggak terlalu jauh dengan versi mobile-nya, PUBG memiliki kepopuleran di kalangan pecinta game Indonesia sebanyak 60,2 persen.

Free Fire

Game battle royale yang satu ini, juga enggak kalah populer dengan game esports lainnya. Free Fire sendiri berada di urutan keempat menurut laporan Esports Market Trend 2019 oleh DSResearch.

Dalam laporannya tersebut, Free Fire diketahui memiliki presentase sebesar 52,7 persen dalam kepopulerannya di kalangan pecinta game Indonesia. Belum lagi, ada banyak turnamen yang memperlombakan game ini untuk tingkat lokal dan dunia.

Dota 2

Terakhir, ada game PC bernama Dota 2 yang enggak kalah populer di kalangan pecinta game Indonesia. Yup! Dalam laporannya tersebut, diketahui bahwa Dota 2 memiliki kepopuleran sebanyak 49,8 persen.

Nah, kalau dilihat dari hasil laporan Esports Market Trend 2019 oleh DSResearch ini, diketahui memang kalau game esports mobile lebih diminati daripada versi PC-nya.

Tren ini bahkan mirip dengan tren secara global loh. Dalam daftar turnamen esports paling populer pada semester pertama 2019 dari Esports Charts, tiga dari lima turnamen esports yang memiliki penonton paling banyak juga merupakan kompetisi untuk game mobile.

Baca Juga:  Selain King Kong, 5 Game Adaptasi Film Ini Lebih Baik daripada Aslinya!