LokalGame Network | Gaming & Geek Culture From The Future!

8 Koleksi yang Hanya Dimiliki Kolektor Sejati Video Game

Mengoleksi sesuatu memang menjadi kesenangan tersendiri bagi beberapa orang yang memiliki hobi. Karena sifat tersebut merupakan sifat alami manusia yang tak bisa dihindarkan. Selain hadirkan rasa puas karena memiliki barang langka, mengoleksi sesuatu yang berhubungan erat dengan kesenangan pribadi juga secara tak langsung tunjukkan sejarah penemuan manusia. Menunjukkan pada dunia akan keberadaan benda tersebut di masa lampau. Tak terkecuali di bidang video game.

Umumnya, kolektor video game akan mengincar beberapa benda langka yang hanya diproduksi secara terbatas. Meskipun pada kenyataannya, terdapat beberapa benda yang bisa didapatkan sampai kapanpun seperti kaos atau aksesoris. Namun terdapat beberapa benda lain yang tak bisa digantikan oleh uang. Perjuangan untuk mendapatkannya yang penuh rintangan menjadikan barang tersebut hanya dimiliki oleh kolektor sejati video game saja.

Lalu, apa saja barangnya? Berikut 8 koleksi yang hanya dimiliki kolektor sejati video game.

8. Steelbook Fisik Resmi

Koleksi paling standar yang dimiliki kolektor sejati video game adalah Steelbook. Sebenarnya Steelbook ini adalah nama dari sebuah brand, namun karena ciri khasnya adalah kotak BD/DVD atau versi fisik yang resmi dikeluarkan oleh developer dan publisher, ia menjadi koleksi yang eksklusif bagi para kolektor game. Bisa dibilang Steelbook adalah salah satu kasta terendah dan termurah yang bisa nyaris dimiliki semua orang meskipun terkadang ia bersifat terbatas.

7. Baju atau Aksesoris Resmi

Pernah melihat dan membeli kaos, jaket, atau beberapa aksesoris buatan fans yang dijual murah di pasaran? Jika ya, selamat kamu membeli versi “bajakan” dari baju atau aksesorisnya. Namun jika kamu membelinya melalui toko resmi yang telah bekerjasama dengan developer maupun publisher suatu game, maka kamu mendukung agar mereka bertahan di industri tersebut. Umumnya, kaos dan aksesoris resmi ini miliki kualitas yang sangat oke jika kamu bisa merawatnya dengan baik.

Dengan membelinya, kamu seolah memberikan uang jajan tambahan bagi mereka. Meskipun pada kenyataannya ia menjadi salah satu kasta terendah kedua selain Steelbook yang bisa dimiliki oleh banyak orang. Setidaknya lebih terjangkau jika dibandingkan Steelbook yang bisa dibilang cukup langka.

6. Mainan, Berhala, atau Figur Resmi

Selain Steelbook, baju hingga aksesoris, beberapa kolektor video game pasti mengincar pernak-pernik lain seperti mainan, patung atau berhala, hingga figur resmi dari game yang mereka miliki. Umumnya benda-benda tersebut miliki tingkat kelangkaan tinggi. Terlebih jika kamu mencari versi limited edition dengan produksi terbatas. Harganya jelas lebih mahal dibanding Funko-Pop atau Nendoroid yang dijual banyak di pasaran.

Baca Juga:  Gadis SMA Cantik Asal Jepang Berhasil Menjadi Juara dari Turnamen Interhigh LoL!

Koleksi Funko-Pop dan Nendoroid merupakan koleksi yang paling umum dan tak terasa eksklusif bagi para kolektor. Hal ini karena ia akan terus diproduksi tanpa batas tertetnu hingga kontraknya habis dan tak dilanjutkan. Namun berbeda dengan benda tersebut, mainan, berhala, dan figur resmi yang terbatas miliki nilai yang sangat tinggi untuk dikoleksi oleh para kolektor. Membuatnya menjadi cukup eksklusif dan tiada duanya.

5. Buku Penjelasan Resmi dari Developer

Memajang koleksimu di rak kamar atau mengenakannya sehari-hari, memang menjadi kepuasan tersendiri bagi setiap orang. Namun semuanya tentu takkan lengkap tanpa buku penjelasan game yang kamu suka dari para developernya. Umumnya buku ini dijual secara terbatas dan miliki informasi eksklusif yang hanya developer miliki. Bahkan media game tak bisa menjangkaunya.

Beberapa contoh buku tersebut adalah Final Fantasy VII Remake Ultimania yang berisi wawancara eksklusif dengan para developer tentang bagaimana mereka meracik Final Fantasy VII Remake. Bagaimana mereka menjelaskan ceritanya serta tingkat kesulitan yang harus mereka hadapi. Namun karena buku ini hanya dijual di Jepang secara terbatas, hanya kolektor dan fans sejati gamenya saja yang bisa mendapatkannya.

4. Vinyl dan Soundtrack Resmi

Koleksi yang satu ini tergolong cukup langka, hal ini karena tak semua developer maupun publisher mengeluarkannya. Terlebih saat ini pemutar vinyl kalah populer dibanding pemutar musik digital. Namun, soundtrack menjadi sebuah pengecualian yang wajib dimiliki. Jika zaman dulu mereka mengeluarkan CD, kini kamu bisa memilikinya secara terpisah dengan membelinya. Namun tak jarang mereka juga mengeluarkan versi fisiknya.

Beberapa soundtrack yang diberikan umumnya juga tergabung dalam paket Collector’s Edition. Namun umumnya hanya sedikit musik yang diberikan. Tak jarang mereka menjualnya secara terpisah dengan musik yang lebih lengkap.

3. Collector’s Edition

Sesuai namanya, Collector’s Edition bisa dibilang menjadi salah satu koleksi yang paling langka dibanding yang lain. Ia hanya diproduksi secara terbatas dengan jumlah pernak-pernik yang tak mungkin dijual secara terpisah. Isinya bermacam-macam, dari patung, helm, hingga tiket mengunjungi studio developer game yang umumnya tak boleh dikunjungi oleh banyak orang.

Baca Juga:  7 Fakta Serizawa Tamao Crows Zero, Sang Raja Rimba SMA Suzuran

Collector’s Edition juga bisa dibilang koleksi paling mahal yang pernah diberikan developer maupun publisher untuk game yang mereka kembangkan. Menjadikannya salah satu paket wajib bagi para kolektor sejati video game.

2. Hardware dan Peripheral Resmi

Berbeda dengan Collector’s Edition yang menjadi salah satu kasta tertinggi dari benda yang wajib dimiliki kolektor video game. Hardware merupakan salah satu yang sangat langka dan terbatas untuk dimiliki para kolektor. Pasalnya, selain produksinya yang terbatas, ia takkan dijual kembali di masa datang.

Tak jarang hardware dan peripheral ini hanya dijual di daerah tertentu saja dan tak menyeluruh ke seluruh dunia. Salah satu contohnya adalah headset SteelSeries spesial Cyberpunk 2077 yang hanya dijual di Amerika dan Eropa. Headset D.Va Overwatch juga miliki produksi yang sangat terbatas, sehingga hanya bisa dimiliki oleh mereka yang cepat memesannya.

Saking langkanya, bahkan developer rela membagikannya secara gratis dan hanya di wilayah tertentu di berbagai belahan dunia yang bisa mendapatkannya. Masih ingat RTX 2080Ti spesial Cyberpunk 2077 yang dibagikan secara gratis dan terbatas hanya di beberapa negara saja? Sayang bukan jika kamu yang miliki jiwa kolektor tidak mendapatkannya?

1. Versi Fisik Video Game Maupun Console Retro

Para oldsoul mungkin akan memprotes kami jika kami tidak memasukkannya. Bagi mereka yang sempat mengenyam masa SNES dan game PC yang masih menggunakan serial number saat menginstallnya tentu akan jadikan koleksi ini sebuah barang langka yang wajib dimiliki.

Beberapa benda seperti cartridge SNES, console SNES pertama, versi fisik dari CD game PC, hingga console PlayStation pertama menjadi benda super langka yang hanya bisa dimiliki oleh kolektor sejati video game. Pasalnya barang purba yang seharusnya sudah masuk museum tersebut, kini sudah takkan bisa kamu dapatkan lagi kecuali di beberapa orang yang memilikinya atau membelinya dari lelang maupun sesama kolektor.


Itulah beberapa jenis koleksi yang hanya dimiliki oleh kolektor sejati video game. Apakah kamu memiliki salah satunya? Atau mungkin kamu miliki koleksi yang mungkin tak kami sebutkan melalui daftar di atas? Jika ya, cantumkan pengalaman dan pendapatmu melalui kolom komentar setelah kami membagikannya di Facebook resmi kami.