LokalGame Network | Gaming & Geek Culture From The Future!

Gacha Adalah Candu Dunia! Kurangi Kecanduan Gacha dengan 5 Cara Ini

0

LokalGame.com  Apakah kamu salah satu gamer yang mengalami kecanduan gacha? Gacha merupakan sebuah fitur dimana para player mampu menarik berbagai senjata, karakter, atau skin yang mereka suka secara random.

Gacha pun dibagi menjadi dua; gacha gratisan dan paid gacha (gacha dengan menggunakan uang asli). Untuk melakukan gacha secara gratis, player bisa menumpuk crystal yang mereka dapatkan dari melakukan quest, atau bisa membeli crystal dengan menggunakan uang asli.

Nah paid gacha inilah yang jika terus dilakukan pasti akan berdampak pada kondisi keuangan kamu lur. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Berikut lima tips kurangin kecanduan gacha untuk kamu.

1. Ditunggu saja, nanti akan datang kok!

Tips pertama untuk kurangi kecanduan gacha adalah bersabar. Sudah menjadi rahasia umum bahwa sesama player sangat suka memamerkan hasil gacha-nya yang bagus. Hal ini tentunya akan berbahaya untuk kamu yang suka iri hati alias salty, karena secara tidak sadar, kamu akan tergerak untuk melakukan paid gacha.

“Semua akan datang pada waktunya” adalah sebuah mindset yang bagus kamu terapkan karena mau sebanyak apapun kamu menggesek kartu kreditmu untuk gacha, apa yang kamu incar tidak akan bisa kamu dapatkan kalau memang belum rejekinya.

2. Sembunyikan credit card-mu

Walaupun kamu sudah berniat untuk tidak melakukan paid gacha, niat tersebut bisa runtuh seketika hanya dengan melihat satu screenshot gacha bagus dari teman kamu dan sebuah credit card di dalam dompetmu.

Dengan menyembunyikan kartu kreditmu, maka paling tidak kamu mampu menahan diri untuk tidak melakukan paid gacha. Kamu bisa meminta bantuan teman atau orang tuamu untuk menyembunyikan kartu kreditmu ditempat yang tidak kamu ketahui.

3. Membelanjakannya untuk kebutuhan lain

Salah satu cara ampuh untuk kurangi kecanduan gacha adalah dengan memikirkan kebutuhan apa saja yang bisa dibeli dengan jumlah yang setara dengan harga gacha tersebut. 10 tarikan gacha berkisar antara Rp 380.000 (tiga ratus delapan puluh ribu rupiah) sampai dengan Rp. 1.000.000 (satu juta rupiah).

Dengan jumlah uang tersebut kamu bisa membeli berbagai benda lain seperti sepatu, baju baru, ataupun digunakan untuk jalan jalan ke luar kota. Dibanding buat beli waifu 2D, lebih baik buat jalan-jalan kan?

4. Ingat kembali mimpimu!

Kamu pasti punya mimpi kan? Entah itu mobil idaman, ponsel baru, membeli apartment yang mewah, banyak! Tentunya untuk meraih mimpi tersebut dibutuhkan kerja keras dan uang yang tidak sedikit jumlahnya.

Jika kamu memiliki tabungan yang cukup namun malah digunakan untuk gacha terus menerus, kamu tentunya tidak akan bisa mewujudkan mimpi tersebutkan? Priority comes first, fellas!

5. Bye!

Apabila kamu merasa sudah tidak bisa menahan godaan untuk membeli gacha dan tidak bisa hidup tanpa game ini, mungkin sudah saatnya kamu uninstall game kesayanganmu itu.

Ingat bahwa prioritas hidup berkali-kali lebih penting dibanding kebutuhan dalam game. Tanpa gacha, kamu bisa main game. Tanpa sandang pangan, kamu tidak bisa hidup. Yuk pindah ke game yang lebih sehat dibanding ini!

Itu dia beberapa tips menghindari ketagihan game gacha. Semoga bermanfaat, ya!

 

Baca Juga:  Bigetron Esports Memimpin PMCO Fall Split SEA League Grup A vs B

Leave A Reply

Your email address will not be published.