LokalGame Network | Gaming & Geek Culture From The Future!

Interview Eksklusif Rizky Faidan – Jadi Atlet PES termuda, Potensi esports PES di Indonesia

0

Lokalgame.com – Kita dapet kesempatan untuk melakukan interview eksklusif bersamaan dengan Demo EFootball PES 2020 di Singapore minggu kemarin dengan Rizky Faidan, Atlet Esports PES termuda yang sudah mengharumkan Indonesia di turnamen Internasional. Yuk cek interview kita di bawah ini!

1. Awal mula suka main PES Bagaimana?

Awal mulai main PES karena di rumah memang ada PS2, jadi emang kebiasaan main PES. Terus ketika tahun 2014/2015 lihat poster Turnamen PES di Bandung yang disebar di sosmed. Jadi memang aku beraniin aja untuk ikutan, iseng-iseng juga. Jadi ya dari situlah akhirnya ikutan terus.

2. Tantangan awal ketika berkarir di Esports PES?

Mungkin karena usia saya yang lebih muda dari yang lain, karena waktu dulu pertama ikut turnamen umur masih 12 atau 13-an jadi agak minder juga sebenernya. Ya itu sih tantangannya, lebih mudah aja sih kalo pertamanya. Kalau sekarang sudah adaptasi lha..

3. Bagaimana dukungan keluarga terhadap karir Esports?

Pertamanya sih agak gimana gitu karena ketika latihan atau turnamen gitu pulangnya malem kan. Jadi kadang sama Mama suka dimarahin. Tapi ketika saya berhasil juara nasional terus ngewakilin Indonesia ke Vietnam, nah dari situ deh agak longgar istilahnya.

4. Bagaimana dengan dukungan Pemerintah?

Kalau dari pemerintah ada sih dukungan, boleh dibilang sangat cukup sih. Apalagi terakhir yang waktu aku ke London kemarin (PES League World Finals 2019) itu kan seperti visa dibayarin, terus dikasih uang saku, ketemu Pak Menpora juga. Jadi menurutku support-nya sudah sangat-sangat cukup sih.

5. Bagaimana respon dari teman-teman terdekat?

Aaah, responnya gimana ya? ya gitu aja. Temen-temen ketawa-ketawa aja gitu, biasa aja seneng.

6. Apakah waktu latihan mengganggu sekolah?

Pokoknya yang penting kalo saya mah latihan gak mengganggu sekolah. Cuma seperti yang aku bilang tadi, kalau event itu kan makan waktu perjalanannya sih. Apalagi kalau ke luar negeri kan, pasti makan waktu hari Jumat dan hari Senin. Nah, masalahnya cuma di itu doang. Selebihnya sih masih bisa dibilang aman.

7.  Latihan esports tiap harinya bagaimana?

Sebenernya gak diatur sih kayak gimana-gimananya. Itu sih datangnya dari diri saya juga. Jadi kayak kalau misalkan saya ngerasa udah cukup buat ngadepin turnamen gitu ya, saya gak akan latihan lagi.  Tapi ketika saya merasa masih kurang gitu, misalkan turnamen udah deket sementara saya pikir permainan saya masih belum cukup. Jadi ya masih aja terus latihan. Tapi kalau dirasa udah cukup sih, ya cuma ngebiasain tangan aja. Sekali latihan ya antara 3 sampai 5 jam.

8. Main game lain selain PES gak?

Aku main banyak game sih sebenernya, kalau di konsol FIFA juga main. Malah, kalau dibilang lebih sering main FIFA. Kalau diluar bola ya paling game mobile sih kayak Mobile Legends atau PUBG.

9. Perkembangan Esports PES di indo menurutmu gimana?

Sangat melesat sih tahun ini, apalagi dengan lolosnya tim Indonesia ke World Final untuk pertama kalinya kan. Jadi ya dengan itu juga menarik perhatian-perhatian dari penyelenggara event atau apapun itu. Jadi lomba-lomba PES semakin banyak, terus hadiahnya juga semakin besar. Karena kalau sebelum-sebelumnya hadiah PES itu kecil-kecil sih, kalau sekarang ini boleh dibilang besar sih. Terakhir ada itu hadiahnya 30 Juta Rupiah.

10. Bagaimana peluang berkarir di Esports PES?

Pokoknya sih sebenernya peluangnya selalu terbuka, asalkan kalian itu berani ikut turnamen. Karena kalau kalian main dengan zona temen doang apa wilayah-wilayah yang disitu-situ aja gak bakal bisa berkembang dari segi seberapa jago kalian. Makanya kalian harus berani yang namanya ikut turnamen, karena yang namanya turnamen kan mencakup semua golongan. Apalagi kalau kalian bisa juara, berarti kalian bisa membuktikan itu.

11. Mimpi untuk kedepannya apa?

Kalau buat yang jauh-jauh gitu belum tahu sih, tapi untuk tahun depan target saya ingin masuk World Final lagi sih, kalau bisa malah juara.

12. Pesan-pesan untuk gamer di Indonesia

Buat semua yang nonton video ini, buat kalian yang masih ngejar cita-cita kalian jangan gampang nyerah. Terus manfaatkan waktu sebanyak mungkin buat latihan. Harus tetap rendah hati. Pokoknya terus kejar cita-cita kalian karena selama masih ada waktu sih itu masih bisa dikejar. Pokoknya jangan mudah menyerah lha…

 

Baca Juga:  Hadiah Miliaran dan Informasi Menarik Lainnya Mengenai PGC 2019

Leave A Reply

Your email address will not be published.