LokalGame Network | Gaming & Geek Culture From The Future!

Moonton Akhirnya Resmikan MPL Season 4, Liga Esports Franchised Pertama Di Indonesia

0

mpl-season-4-diresmikan-featured

Lokalgame.com –  Setelah istirahat selama beberapa waktu, Mobile Legends Professional League (MPL) akhirnya kembali dengan Season 4. Tapi untuk musim ini, ada beberapa hal yang unik sekilas terlihat sama tapi ternyata sedikit berubah dibanding musim sebelumnya.

Seperti biasa, MPL Season 4 ini mempertandingkan delapan tim untuk memperebutkan prizepool sebesar US$300.000 (sekitar Rp4 miliar). Formatnya juga cukup familier dengan MPL Season 3 lalu. Delapan tim ini akan bermain dalam dua fase, yaitu fase Regular Season dan Playoff.

Dalam Regular Season, delapan tim ini akan bertanding dalam format round robin best of three. Tiap tim akan mendapatkan satu poin untuk tiap game yang mereka menangkan. Setelah Regular Season berakhir, enam tim dengan perolehan poin terbaik berhak maju ke babak Playoff. Artinya akan ada dua tim yang gugur.

Babak Playoff akan dimainkan dalam format double elimination best of three. Tim yang menempati peringkat tiga sampai enam Regular Season akan memulai babak pertama upper bracket Playoff. Sementara tim peringkat satu dan dua Regular Season akan menunggu di babak kedua upper bracket Playoff.

mpl-season-4-diresmikan-daftar-tim

Berikut adalah delapan tim yang akan jadi peserta MPL Season 4:

  • Onic Esports
  • Aura
  • EVOS Esports
  • Rex Regum Qeon
  • Bigetron Esports
  • Alter Ego
  • Geek Fam
  • Genflix Aerowolf

Lantas, apa yang berbeda dengan MPL Season 4 ini? Well, musim-musim sebelumnya, MPL memiliki sistem degradasi dan kualifikasi. Artinya tim dengan rekor terburuk di MPL akan kehilangan slot mereka dan bisa direbut oleh mereka yang memenangkan rangkaian kualifikasi panjang.

Nah, MPL Season 4 dan seterusnya akan memberlakukan sistem franchise. Artinya untuk bisa bermain di MPL, delapan tim yang ada saat ini harus membayar sebesar Rp15 miliar. Slot ini akan dipegang oleh masing-masing tim secara permanen kecuali tim tersebut berubah pikiran. Ke mana uang ini akan digunakan oleh Moonton dan MPL akan kami bahas di artikel terpisah.

Baca Juga:  Farewell JessNoLimit! Tobias Justin Keluar dari EVOS Esports

Ini adalah pertama kalinya sebuah turnamen atau liga esports di Indonesia memberlakukan sistem franchise. Sebelumnya, turnamen diikuti oleh tim yang bisa membuktikan diri entah itu melalui kualifikasi, performa di turnamen sebelumnya, atau langsung diundang oleh penyelenggara. Tapi jika kamu melihat tim-tim peserta di atas, kamu tetap dijamin akan disuguhi pertandingan seru dari pemain-pemain terbaik di tanah air.


Regular Season untuk MPL Season 4 akan dimulai dari tanggal 23 Agustus hingga 13 Oktober 2019 tiap hari Jum’at. Sabtu, dan Minggu. Kamu bisa menyaksikan tiap pertandingan secara langsung di XO Hall Tanjung Duren. Kemudian babak Playoff akan berlangsung tanggal 26 dan 27 Oktober 2019 di Tennis Indoor Senayan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.